Workshop Ekonomi Kreatif, Pemkab Tanah Datar Gelar Pelatihan Pengrajin Cendramata

INDONESIASATU.CO.ID:

TANAH DATAR - Saat ini banyak kegiatan pelatihan wira usaha dan ekonomi kreatif yang dilaksanakan oleh Disparpora Kab.Tanah Datar. Salah satunya pelatihan tentang memanfaatkan pohon kayu manis sebagai pembuatan bahan dasar cangkir dan piring. 

"Pelatihan ini diarahkan pada penggunaan bahan dasar Kayu Manis, dimana sangat banyak di daerah kita yang ternyata bisa bermanfaat ekonomis tinggi dalam bentuk karya. " ujar Edy Susanto, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Tanah Datar di Batusangkar, Senin 11/12.
Lebih lanjut, pelatihan ini sengaja diarahkan pada pemanfaatan Kayu Manis (Cinnamomum Verum) karena selama ini masyarakat lebih banyak memanfaatkan kulitnya. 

Padahal menurutnya Kayu Manis juga bisa bernilai ekonomis jika diolah menjadi benda berupa cendramata, sementara selama ini masyarakat hanya menggunakannya sebagai kayu bakar.

"Cendramata khas Tanah Datar yang selama ini dikenal adalah songket dan harganya relatif mahal," ujarnya. 

Oleh sebab itu melalui pelatihan ini ia mengharapkan muncul para pengrajin yang akan memanfaatkan Kayu Manis sebagai bahan utama.

Ia menambahkan, Kayu Manis tersebut nantinya dapat diolah menjadi cangkir dan beberapa benda lain sehingga muncul cendramata baru khas Tanah Datar dengan harga yang terjangkau oleh seluruh kalangan.

Selain itu, dengan adanya cendramata tersebut juga akan membuka peluang baru bagi mereka yang ingin membuka usaha di bidang ekonomi kreatif sehingga juga berdampak pada pariwisata di daerah tersebut.

Sementara itu salah seorang peserta yang juga pelaku ekonomi kreatif di daerah Tanah Datar, Anggit Dwi Prayoga mengatakan dengan adanya pelatihan ini maka akan membuka peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan taraf ekonomi, karena terbukanya lapangan pekerjaan.

"Di samping itu, ekonomi kreatif ini butuh kerjasama yang intens dari pemerintah dengan pelaku wira usaha, dimana hasil produksi dapat dipasarkan melalui bantuan pemerintah daerah setempat dengan outlet yang tersedia," katanya.

Acara ini di hadiri oleh perwakilan seluruh peserta pelaku wira usaha dan ekonomi kreatif dari nagari yang ada di Kab. Tanah Datar... (Dwi)

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

* Belum ada berita terpopuler.

Index Berita