Masyarakat Berbondong-bondong Mengabadikan Photo Bunga Bangkai

INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN --- Masyarakat Kampung Jarau Buntak By Pass, Nagari Aia Manggih, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, dihebohkan dengan penemuan Bunga Bangkai (Amorphophallus paeoniifolius) yang tumbuh dikebun warga.

Bunga Bangkai tersebut pertama sekali ditemukan oleh Ispandri (52) karena tumbuh dilahan miliknya.

"Bunga Bangkai ini saya temukan sekitar sepuluh hari lalu sebelum mekar seperti saat ini. Penemuan ini berawal saat saya hendak mengambil kayu dilahan kebun saya. Kemudian saya menemukan Bunga ini. Saat itu saya tidak yakin kalau ini Bunga Bangkai," ujar Ispandri, Selasa (22/5/2018).

Namun kata Ispandri, dalam hitungan hari Bunga tersebut semakin tumbuh besar dan menjulang tinggi sekitar 1,5 Meter.

"Makanya kecurigaan mulai muncul tentang jenis bunga tersebut. Karena mulai mengeluarkan bau yang tidak sedap. Kemudian saya sampaikan kepada warga sekitar, ternyata ini Bunga Bangkai. Sehingga masyarakat sekitar berbondong-bondong datang kesini dan mengabadikan fotonya," katanya.

Sementara Kepala BKSDA Pasaman, Mawardi saat ditemui oleh Indonesiasatu.co.id, dilokasi mengatakan bahwa masih ada sekitar 20 bibit Bunga Bangkai tersebut yang tersebar di sekitar lahan warga.

"Kami mendapat laporan dari masyarakat bahwa ditemukan bunga bangkai di lahan warga ini. Sehingga kami kemudian turun ke lokasi dan melakukan penyisiran, ternyata masih ada sekitar 20 buah bibit bunga bangkai ini. Kami juga melakukan pemasangan pengamanan disekililing area lahan yang ditumbuhi bunga bangkai ini," kata Mawardi.

Mawardi juga meminta setiap pengunjung yang datang untuk tetap menjaga kelestarian bunga bangkai tersebut.

"Bunga Bangkai Ini termasuk tanaman langka yang dilindungi oleh Undang-undang. Untuk itu kami meminta kepada setiap pengunjung untuk tetap menjaga kelestarian bunga bangkai ini," pungkasnya.(#)

Index Berita